Model Pendekatan Pembelajaran Kontekstual - Isu yang berkembang luas tentang kualitas pendidikan saat ini adalah
ketidakmampuan siswa dalam memcahkan persoalan (masalah) dalam kehidupan
sehari-hari. Padahal ini sangat penting karena berorientasi jangka
panjang, bukan semata selesai pada saat mereka berada dalam lingkungan
sekolah. Setiap siswa yang memperoleh pengatahuan di bangku sekolah
sudah seharusnya dapat menerapkan apa yang diperolehnya tersebut dalam
kehidupan nyata mereka sehari-hari. Pengetahuan harusnya menjadi bekal
hidup bagi mereka saat terjun di tengah-tengah masyarakat sebagai bagian
dari masyarakat itu.
Muncullah
kemudian sebuah paradigma baru dalam kegiatan pembelajaran dimana siswa
diajak untuk berada dalam situasi alamiah. Menurut paradigma
ini proses belajar siswa akan lebih bermakna jika mereka berada dalam
situasi alamiah tersebut. Mereka tidak sekedar mengetahuinya saja,
tetapi harus mengalami dan mempunyai pengalaman nyata akan proses
belajarnya.
Paradigma inilah yang kemudian melahirkan pendekatan kontekstual dalam
proses pembelajaran. Dalam bahasa aslinya, pembelajaran kontekstual
disingkat dengan CTL (Contextual Teaching and Learning). Pada pendekatan
ini, fasilitator pembelajaran dalam hal ini guru harus membantu siswa
untuk menghubungkan antara pengetahuan yang sedang dipelajarinya dengan
penerapannya di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
demikian, pembelajaran yang dilakukan di kelas-kelas menjadi bermakna
dan bermanfaat bagi siswa kelak. Jadi menurut pembelajaran yang
mengakomodasi pendekatan kontekstual, guru bukan sekedar mentransfer
pengetahuan. Bukan, guru bukan satu-satunya sumber informasi dan
pengetahuan. Justru pengetahuan itu sebaiknya didapatkan dari beragam
sumber yang difasilitasi oleh guru dalam KBMnya. Proses pembelajaran
menjadi suatu bagian penting, tidak semata pada hasil belajar saja.
Guru sebagai fasilitator dalam pendekatan kontekstual membantu
siswa-siswa di kelasnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada
kegiatan belajar, guru lebih banyak memberikan kemudahan dan
sumber-sumber informasi yang dibutuhkan siswa untuk proses belajar.
Siswa akan menemukan sendiri dan menghubungkan pengetahuan yang
diperolehnya dengan pengetahuan yang telah dimilikinya, menggunakannya
untuk menyelesaikan masalah-masalah kontekstual.
Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) adalah
sebuah proses pembelajaran yang bersifat menyeluruh atau holistik. Pada
pembelajaran kontekstual, siswa dimotivasi sehingga mereka dapat
memahami makna bahan pelajaran sesuai konteks kehidupan mereka
sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural). Dengan pendekatan
kontekstual, siswa akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang
dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan atau konteks ke
permasalahan ke konteks lainnya.
Pada pendekatan kontekstual, guru mencoba menghadirkan situasi dunia
nyata ke dalam kelas. Siswa diajak untuk menemukan dan membentuk
hubungan-hubungan antar pengetahuan, kemudian juga bagaimana
penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan
masyarakat. Ada lima strategi pembelajaran kontekstual (contextual
teaching and learning), yaitu relating (menghubungkan) , experiencing
(mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), dan
transferring (mentransfer). Melalui kelima strategi ini nantinya
diharapkan siswa akan mencapai standar kompetensi yang diharapkan secara
maksimal.
Pendekatan dan pembelajaran kontekstual terkait erat dengan pembelajaran
aktif (active learning). Dalam pembelajaran kontekstual, dalam
hubungannya dengan pembelajaran aktif, maka siswa harus dapat diajak
untuk membangun sendiri pengetahuannya (konstruktivisme atau
constructivism), aktif bertanya (questioning), aktif untuk menemukan
pengetahuannya atau konsep-konsep yang sedang dipelajari (inquiri),
bekerja bersama dan belajar bersama dalam suatu masyarakat belajar
(learning community), melakukan pemodelan (modeling), dan menerapkan
penilaian otentik (authentic assessment).
Materi terkait :
Penjelasan Singkat Tentang Metode Pembelajaran KK 2013
Demikianlah Penjelasan Singkat Tentang Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Semoga bermanfaat.
Sumber : http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id
Klik Bagikan / Share Sebelum DOWNLOAD
Atau pilih Link DOWNLOAD alternatif di bawah ini:
Mohon Tunggu sedang memuat Link FILE...
Deskripsi:
Model Pendekatan Pembelajaran Kontekstual ini bagian dari Administrasi Pendidikan lebih tepatnya ditujukan kepada Guru Sekolah ataupun siapa saja yang membutuhkan, untuk dijadikan sebagai salah satu bahan referensi terbaik terutama di bidang Agus Hery Susanto, DOWNLOAD, Kepala Sekolah, Microsoft Word, Model Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Program Kerja, RKJM.
Catatan:
Perhatian: Jika terdapat Multiple link download silahkan gunakan link di atas untuk mendownload filenya satu persatu, tetapi jika terdapat hanya 1 file saja anda bebas memilih akan menggunakan pilihan download yang mana (Single ataupun Multiple Link).
Nama File |
Model Pendekatan Pembelajaran Kontekstual |
Admin |
Aguez heryy |
Dipublish |
10:03:00 |
Software Pendukung Model Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Jenis ekstensi file yang terdapat di blog Operator Sekolah Info ini berbeda-beda maka software pendukung untuk membukanya pun dipastikan berbeda satu sama lain. Untuk bisa menggunakannya anda hanya perlu mempersiapkan atau menginstal Microsoft Office yang diantaranya seperti Excel, Word, Oower Point dan PDF.
Daftar Isi
Post A Comment:
0 comments so far,add yours